Selasa, 04 Agustus 2020

Belajar Perintah grep di Linux

grep adalah kependekan dari “Global Regular Expression Print” merupakan sebuah perintah untuk memproses teks baris per baris dan mencetak baris yang cocok sesuai dengan pola yang ditentukan. perintah grep biasa digunakan untuk mencari teks atau pencarian sebuah file yang mengandung teks pada baris yang cocok dengan pola di dalam file tersebut.

sederhananya grep akan mencetak baris tertentu apabila ada teks yang cocok dengan pola yang diberikan.

Syntax dasar

grep [OPTION] [PATTERN] [FILE]

Sebagai contoh kita akan mencari sebuah nama/username bagus di file /etc/passwd dan menampilkan baris yang mengandung teks bagus tersebut

$ grep bagus /etc/passwd

apabila ada teks bagus didalamnya maka akan ditampilkan baris dimana teks bagus berada

bagus:x:1000:1000:bagus,,,:/home/bagus:/bin/bash

Selain itu juga grep menerima inputan dari stdin (standard input)

misal ada sebuah file dengan nama teks.txt dengan isi sbb:

saya adalah bagus
dan agan agan
dan ini BAGUS juga

$ cat teks.txt | grep bagus

Output:

saya adalah bagus

cat adalah perintah untuk membaca file dan output dari perintah cat tersebut akan menjadi sebuah inputan untuk perintah grep dengan bantuan pipe ( tanda | ) alhasil perintah grep diatas akan mencari teks “bagus” baris perbaris dan ditemukanlah sehingga baris “saya adalah bagus” akan ditampilkan. kenapa baris “dan agan agan” tidak ikut ditampilkan? ya karena pada baris tersebut tidak ditemukan teks “bagus”.

apakah sobat ada yang bertanya kenapa baris “dan ini BAGUS juga” tidak ikut ditampilkan?

secara default grep akan mecari teks dengan memperhatikan case sensitive atau memperhatikan hurup besar dan kecil. dengan demikian baris “dan ini BAGUS juga” tidak ikut ditampilkan karena “BAGUS” adalah huruf besar semua sehingga baris tersebut akan di abaikan. lantas bagaimana ingin menampilkan baris tersebut juga tanpa memperdulikan huruf besar dan kecil?

oke kita hanya perlu menambahakn option -i setelah perintah grep jelasnya sebagai berikut

$ cat teks.txt | grep -i bagus

maka baris yang mengandung kata bagus akan di tampilkan, mau itu Bagus, BAGUS, bAgUs, bAGUs semua nya akan ditampilakan.

Terimakasih sudah membaca. apabila ada kesalahan penulisan syntax atau penjelasan diatas mohon untuk segera hubungi admin atau komentar dibawah. terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar